TEMA TOPIK dan JUDUL

TEMA

Tema adalah sesuatu yang menjiwai cerita atau sesuatu yang menjadi pokok masalah dalam cerita. Dalam tema tersirat amanat atau tujuan pengarang menulis cerita. Tema juga dapat berarti ide dasar, ide pokok atau gagasan yang menjiwai seluruh karangan yang disampaikan.

Karena tema adalah sesuatu yang tersirat, maka tema yang baik adalah sesuatu yang dapat tersampaikan sejak pembaca melihat judul dari suatu tulisan. Biasanya, seorang pembaca akan tertarik membaca sebuah tulisan jika tertarik pada tema yang tersirat dengan jelas.
 
JUDUL
udul merupakan bagian kecil yang sering terlupakan fungsinya sebagai penarik perhatian orang untuk membaca sebuah tulisan, termasuk sebuah penelitian. Kerangka berpikir sebuah penelitian memang dimulai dengan penentuan masalah, namun untuk kepentingan administratif, mulailah dengan judul.
Judul yang baik adalah formulasi yang ekspresif dinyatakan dengan jelas, padat, berisi tentang permasalahan serta ruang penelitian yang bersangkutan, berkesan ekonomis terhadap penggunaan kata, namun gambaran variabel terlihat. Judul adalah jendela penelitian
 
TOPIK

Topik (bahasa Yunani:topoi) adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis. Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan msih bersifat umum dan belum diuraikan secara lebih mendetail.

Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya samasama dapat dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.

Sumber:

http://kampus.okezone.com/read/2012/10/25/373/709216/judul-adalah-jendela-penelitian

http://id.wikipedia.org/wiki/Topik

http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2043783-pengertian-tema/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: