KALIMAT

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik turun dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan ataupun asimilasi bunyi ataupun proses fonologis lain. Dalam wujud tulisan, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!); dan di dalamnya dapat disertakan tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), pisah (-), dan spasi. Tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru pada wujud tulisan sepadan dengan intonasi akhir pada wujud lisan sedangkan spasi yang mengikuti mereka melambangkan kesenyapan. Tanda baca sepadan dengan jeda.

Setiap kalimat memiliki unsur penyusun kalimat. Gabungan dari unsur-unsur kalimat akan membentuk kalimat yang mengandung arti. Unsur-unsur inti kalimat antara lain SPOK :
– Subjek / Subyek (S)
– Predikat (P)
– Objek / Obyek (O)
– Keterangan (K)

Pola kalimat Bahasa Indonesia terdiri dari subjek (S) yang berarti seseorang atau mahluk hidup yang melakukan sesuatu, predikat (P) yang berarti suatu keadaan atau kejadian yang sedang dilakukan oleh mahluk hidup tersebut, objek (O) yang berarti suatu benda yang menjadi pendukung atas aktivitas yang dilakukan oleh subjek, dan keterangan (K) yang berarti suatu keterangan dapat berupa waktu, tempat, maupun pelengkap untuk menjelaskan keadaan yang sedang dilakukan oleh subjek. Kalimat dasar memiliki satu struktur klausa dengan pola SP, SPK, SPO, SP Pel, SPO Pel, dan SPOK.

 

Kalimat dibagi menjadi beberapa macam sebagai berikut:

• Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Kalimat Aktif adalah kalimat yang memiliki subjek untukmelakukan pekerjaan dan predikat yang berupa kata kerjame-atau ber-Contoh : Ibu memasak bubur untuk nenekKalimat Pasif adalah kalimat yang memiliki subjek untukmelakukan pekerjaan dan predikat yang berupa kata kerjadi-Contoh : Bubur untuk nenek dimasak oleh ibu

• Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak langsungKalimat Langsung adalah kalimat yang menirukan ucapanorang dan pada bagian kutipan berupa kalimat tanya dankalimat perintah menggunakan tanda petik (“…”).Contoh : Ibu berkata, “Andi, jangan bermain terus, kamuharus belajar !”Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakankembali kepada orang lain yang pada bagian kutipanberubah menjadi kalimat berita.Contoh : Kakak berkata aku harus rajin belajar.

• Kalimat TunggalKalimat tunggal di bagi menjadi 2 bagian, yaitu:

1. Kalimat tunggal sederhana adalah kalimat tunggal terdiridari kata yang menduduki jabatan subjek, predikat danobjek.Contoh : Bapakku membaca koran

2. Kalimat tunggal luas adalah kalimat tunggal yang disamping terdiri atas kata yang menduduki fungsi sebagaisubjek, predikat, dan objek yang terdapat unsur perluasanpada kalimat.Contoh : Kemarin ibu berbelanja sayuran di pasar

• Kalimat Majemuk adalah kalimat yang mempunyai duastruktur kalimat yaitu kalimat dasar atau lebih.Kalimat Majemuk dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

1. Kalimat Majemuk Setara (koordinasi) adalahpenggabungan dua kalimat atau lebih yang kedudukannyasejajar atau sederajat. Kalimat majemuk setara dibagimenjadi 5 bagian, yaitu:

a. Kalimat Majemuk Setara Penggabungan: kalimat yang menggunakan kata penghubung dan

b. Kalimat Majemuk Setara Penguatan: kalimat yangmenggunakan kata penghubung bahkan

c. Kalimat Majemuk Setara Pemilihan: kalimat yangmenggunakan kata penghubung atau

d. Kalimat Majemuk Setara Berlawanan: kalimat yangmenggunakan kata penghubung tetapi, sedangkan,melainkan

e. Kalimat Majemuk Setara Urutan Waktu: kalimat yangmenggunakan kata penghubung kemudian, lalu, lantas.

2. Kalimat Majemuk Bertingkat adalah dua kalimat ataulebih kalimat tunggal yang kedudukannya berbeda yangmemiliki unsur induk kalimat dan anak kalimat.Contoh : Ayah mencuci motor ketika matahari berada diufuk timur.

3. Kalimat Majemuk campuran adalah gabungan antarakalimat majemuk tunggal dan kalimat majemuk setara.Contoh: Andi bermain dengan budi.

• Kalimat efektif adalah kalimat yang menimbulkan kembaligagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca .Ciri-ciri kalimat efektif:

1. kesepadanan struktur

2. keparalelan bentuk

3. ketegasan makna

4. kehematan kata

5. kecermatan penalaran

6. kepaduan gagasan

7. kelogisan bahasa

 

Sumber :

http://www.frenfa.com/blogs/3380/1777/jelaskan-pola-kalimat-dalam-baha

http://id.scribd.com/doc/47310423/macam-macam-kalimat

http://id.wikibooks.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Kalimat

http://organisasi.org/pengertian_kalimat_dan_unsur_kalimat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: