Mengulas Struktur Organisasi

Apa yang menarik dari pembahasan mengenai Stuktur Organisasi? Tidak ada yang menarik? Saya pikir juga begitu, ketika mendengar kata Sturktur Organisasi, yang ada dibayangan saya adalah RIBET. Well, sepertinya untuk sedikit tau tentang Struktur Organisasi ada baiknya. Oke, kita mulai dari pengertiannya.

Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian pada suatu perusahaan dalam menjalin kegiatan operasional perusahaan tersebut, dimana pembagian tugas dikelompokan dan dikoordinasikan secara formal.

Nah, karena setiap bagian memiliki tugas dan wewenang yang berbeda, lalu di koordinasikan secara formal, maka terdapat Rantai Komando atau garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke eselon paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.

Ketika kita bicara mengenai Struktur Organisasi, kita pasti berbicara tentang Birkrasi. Emm apalagi itu? Ahhaha kita mulai lagi dari pengertiannya ya. Birokrasi adalah sebuah struktur dengan tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi, aturan dan ketentuan yang sangat formal, tugas-tugas yang dikelompokkan ke dalam berbagai departemen fungsional, wewenang terpusat, rentang kendali yang sempit, dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.

Semua itu diatur secara formal, itu artinya ada etika dalam menjalan tugas dan fungsi antar bagian-bagian dalam perusahaan. Etika merupakan sikap atau perilaku manusia yang memiliki nilai baik dan buruk, benar dan salah.

Untuk hal etika tersebut ga terlalu yakin sih ya, kemampuan saya berpikir sih nangkepnya begitu, tp coba referensi lain juga untuk bahasan etika😀

Terimakasih,
WAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: