Teknik – Teknik Pengumpulan Data

Dalam melakukan penelitian ilmiah, pengumpulan data pasti diperlukan untuk menunjang penulisan ilmiah tersebut.

Teknik – teknik pengumpulan data :

  1. Pengamatan / Observasi adalah pengamatan langsung terhadap objek penelitian.Kelebihan dari teknik ini karena data yang di peroleh cenderung mendekati kebenaran, serta lebih bisa mendeskripsikan tentang objek penelitian. Namun teknik ini memiliki beberapa kekurangan seperti, yang di jadikan objek penelitian merasa terganggu sehingga cenderung menutupi keburukan yang ada pada objek penelitian.
  2. Wawancara adalah percakapan yang di lakukan untuk mendapatkan tujuan tertentu. Kelebihan dari teknik ini pewawancara dapat memotivasi yang dia wawancara untuk menjawab pertanyaan dengan lebih leluasa, Pertanyaan dapat dkembangkan sesuai suasana yang terjadi.Kekurangannya, teknik ini membutuhkan waktu yang relatif lama.
  3. Anket adalah pengumpulan data secara todak langsung. Berisi pertanyaan – pertanyaan yg khusus dalam penilitian. Kelebihan dari teknik ini efisien untuk mendapatkan sumber data yang banyak dan tersebar dan hasilnya dapat lebih objektif. Kekurangan dari teknik ini tidak membuat responden menjawab dengan sepenuh hati, jawaban yg di dapat terbatas, angket yang lengkap cenderung sulit untuk dibuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: