IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER DI BERBAGAI BIDANG

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan antara dua komputer atau lebih yang dapat saling terkoneksi satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan user untuk dapat bertukar informasi, baik berupa dokumen ataupun data, serta memungkinkan juka untuk melakukan penggunaan satu hardware melalui beberapa komputer. Contohnya : penggunaan printer untuk pencetakan dapat dilakukan melaui dua komputer atau lebih.

 

Jaringan komputer juga dapat diimplementasikan dalam bidang – bidang lain seperti dunia bisnis, perbankan, mobile user dan juga pengguna rumahan.

 

  1. Impleentasi Jaringan Komputer dalam Dunia Bisnis

Pada saat ini,  penggunaan jaringan komputer pasti sangat dibutuhkan dalam semua bidang , tidak terkecuali Dunia Bisnis yang sarat akan informasi. Jaringan komputer digunakan karena sangat efisien karena pendistribusian dokumen atau data antar divisi perusahaan dapat tersalurkan dengan cepat, menghemat waktu, biaya, dan meminimalisasi resiko kerusakan dokumen. Contohnya, pada sebuah perusahaan online shop yang terdiri dari divisi penerimaan order, pemrosesan, serta pengeluaran barang. Saat ada order barang, divisi penerimaan barang harus melengkapi data konsumen, untuk mencetak data tersebut harus melalui divisi pemrosesan, divisi pemrosesan dapat mengakses data dari komputer divisi pemrosesan karena telah terkoneksi dengan jaringan komputer sehingga barang pesanan bisa langsung dikeluarkan dan dikirim ke customer. Jaringan komputer juga dapat berupa kabel atau yang lainnya.

  1. Implementasi jarkom dalam bidang perbankan

Dalam bidang perbankan, pemanfaatan jaringan komputer menjadi hal yang sangat diperlukan, dengan semakin meningkat persaingan disunia perbankan jaringan komputer diperlukan untuk memenuhi pelayanan serta menambah daya tarik bagi nasabah dengan kemudahan-kemudahan fasilitas yang ditawarkan oleh bank dengan memanfaatkan jaringan komputer. Kemudahan dapat berupa ATM, Internet Banking, bahkan SMS Banking. Sehingga para nasabah dapat melakukan berbagai transaksi secara fleksibel dan efisien.

  1. Implementasi jarkom pada mobile user

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, jarkom dapat memudahkan para pengguna gadged dalam mentransfer atau menerima data melalui hp, notebook, laptop dll. Jaringan komputer yang digunakan dapat berupa infrared, bluetooth, serta jaingan wifi. Pada mobile user sangat dibutuhkan bagi setiap orang dengan mobilitas tinggi sehingga efisiensi waktu sangatlahb penting.

  1. Implementasi jarkom pada pengguna rumahan

Karena kebutuhan akan teknologi informasi, maka memungkinkan dalam suatu rumah memiliki lebih dari satu komputer, jaringan komputer pada pengguna rumahan mungkin lebih sederhana jika dibandingkan dengan pengguna dunia bisnis, perbankan dan mobile user. Jaringan komputer pada pengguna rumahan biasanya hanya digunakan untuk share perangkat keras (hardware) seperti printer.

 

Kesimpulannya, jaringan komputer sangat diperlukan di berbagai bidang, dan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, jaringan komputer dapat berupa kabel, bluetooth, infrared, wifi, dll sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: