KANKER

Setiap tahun sekitar sejuta orang Amerika didiagnosis mengidap kanker. Ini berarti bahwa sekitar 75 juta orang Amerika yang sekarang hidup akhirnya mengidap kanker dan satu dari lima orang akan meninggal dunia karena penyakit ini. Terdapat benyak jenis kanker dan banyak penyebab penyakit ini. Misalnya rokok menyebabkan kanker paru-paru dan terlalu lama terkena sinar ultraviolet matahari menyebabkan kanker kulit. Terdapat bukti bahwa menu makanan yang tinggi-lemak dan rendah-serat merupakan salah satu faktor penyebab kanker payudara, usus, dan prostat. Dan agen-agen tempat kerja seperti asbes dan vinil klorida kemungkinan juga merupakan penyebab kanker. Ratusan juta dolar telah dibelanjakan setiap tahun dalam mencari pengobatan efektif terhadap kanker, jauh lebih sedikit uang yang dibelanjakan untuk pencegahan kanker.

Pertanyaan :

  • Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Jawab : Karena sebagian besar orang luar negeri (Amerika) memiliki pola hidup yang berbeda, mereka cenderung bebas melakukan hal yang mereka senangi. Seperti halnya merokok, memakai baju ”minim”

Di panas terik, hingga memeliki makanan yang kurang baik bagi tubuh.

  • Jenis perubahan gaya hidup mana yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker?

Jawab : Perubahan gaya hidup pada perokok, orang yang senang berjemur, dan orang yang memiliki menu makanan yang tidak seimbang, serta adanya perhatian khusus terhadap kesehatan diri

bagi orang (pekerja) yang bekerja pada lingkungan yang terdapat bahan-bahan seperti asbes, vinil klorida, dll.

  • Program pencegahan jenis apa yang dapat dimulai/diperkuat untuk menggencarkan perubahan ini?

Jawab : Mengurangi paparan terhadap bahan karsinogen, misalnya tidak merokok, menghindari makanan tinggi lemak, menambah makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah, hidup akif fisik, mengupayakan berat badan yang ideal, dan hidup dengan pola sehat.

  • Faktor apakah yang mungkin menghalangi perubabahan dalam program tersebut?

Jawab : Faktor yang mungkin saja menghalangi program tersebut adalah Faktor Kejiwaan, Emosi Psikis, Stress atau dendam yang mempengaruhi perkembangan sel menjadi liar dan tak terkendali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: