ASAL MULA INTERNET

Jaringan internet adalah rangkaian computer yang terhubung menerusi beberapa rangkaian. Internet adalah system computer umum, yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol perukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian jaringan yang terbesar dinamakan internet. Cara menghubungkan rangkaian ini dinamakan internetworking.

Pertamakali tahun 1969, internet dikembangkan dengan nama ARPAnet (Advanced Reaserch Projects Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Tujuannya untuk membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi disatu titik yang diperkirakan rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan.

Pada tahun 1977, lebih dari seratus komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPAnet yang sebagian besar berada di universitas.

Pada awal tahun 1980-an, ERPAnet dibagi menjadi dua jaringan,yaituARPAnet dan Milnet. Milnet merupakan jaringan militer, dimana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi tetap dapat berjalan. Jaringan interkoneksi ini disebut dengan DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut Internet. Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, Internet dapat diakses melalui Personal Computer (PC).

Pada tahun 1986, dibentuk NSFNET (National Sciense Doundation Network). NSFNET mulai menggantikan ARPAnet. Pada bulan maret tahun 1990 ARPAnet sibubarkan. Pada masa NSFNET, berbagai jaringan internasional sisirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Saat ini, terdapat lebih dari 4.000.000 host Internet diseluruh dunia. Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara cepat dan berlipat ganda setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: